VISI, MISI, TUJUAN, CAPAIAN PEMBELAJARAN
Visi
Pada tahun 2037 menjadi program studi matematika yang bertaraf internasional dan secara nasional unggul di bidang teori serta maju dan kuat dari sisi aplikasi.
Misi
Dalam rangka menuju visi tersebut di atas, Program Studi Matematika Departemen Matematika FMIPA UGM mempunyai empat misi, yaitu:
- menumbuhkembangkan aktivitas pembelajaran melalui inovasi-inovasi baru untuk meningkatkan kualitas, efisiensi, dan relevansi pembelajaran matematika;
- menumbuhkembangkan budaya penelitian di kelompok-kelompok bidang keilmuan guna mendukung penelitian matematika dan terapannya;
- menumbuhkembangkan peran dan aplikasi matematika pada berbagai bidang, agar terjalin kerjasama yang saling menguntungkan antara Program Studi Matematika dengan pengguna matematika;
- menjadikan Program Studi Matematika sebagai program studi yang memiliki sistem pengelolaan yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung-jawab, dan adil.
Tujuan
Tujuan Umum:
- meningkatnya kinerja Program Studi Matematika agar tetap terdepan (leading) secara nasional dan dapat bersaing (competitive) secara internasional;
- terbentuknya masyarakat ilmiah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, memiliki integritas tinggi, berwawasan luas, kritis, kreatif, inovatif, dan tanggap terhadap perubahan masyarakat melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi;
- terpupuknya kerjasama dengan pemerintah, lembaga pendidikan tinggi lain pada umumnya dan antar Program Studi Matematika, baik di dalam maupun di luar negeri;
- terciptanya sistem pengelolaan program studi yang baik, efisien, dan produktif.
Tujuan Khusus:
menghasilkan Sarjana Matematika yang:
- unggul di bidang matematika teori dan mampu menerapkan pada beberapa permasalahan terkait persamaan diferensial dan optimisasi;
- adaptif serta mampu melanjutkan studi pada bidang matematika maupun bidang lain yang terkait;
- mampu mengikuti perkembangan IPTEK, literate dalam TI, terampil dalam komputasi matematika;
- mempunyai rasa tanggung-jawab, kepercayaan diri, kematangan emosi, etika dan kepribadian sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner).
Capaian Pembelajaran
Capaian Pembelajaran (Programme Learning Outcomes / PLO) Prodi S1 Matematika UGM disampaikan sebagai berikut:
PLO 1: | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila dan memiliki kesadaran akan kepentingan bangsa; |
PLO 2: | Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan permasalahan terkait matematika; |
PLO 3: | Mampu mengembangkan cara berpikir matematis dan logis dan mampu membuat dugaan-dugaan serta penyelidikan benar tidaknya beberapa dugaan (conjecture); |
PLO 4: | Memiliki pengetahuan yang cukup dalam bidang teknologi informasi dan terampil menggunakannya untuk mendukung pembelajaran dan penelitian matematika; |
PLO 5: | Memiliki pengetahuan yang komprehensif di bidang pemodelan matematika serta mampu menyusun model matematika berbagai permasalahan, baik di matematika maupun di bidang lain seperti sains atau kehidupan sehari-hari serta mampu menentukan strategi pemecahannya; |
PLO 6: | Mampu mengidentifikasi pola-pola dasar dan bentuk-bentuk analogi serta mampu melakukan generalisasi dan abstraksi; |
PLO 7: | Mampu mengomunikasikan bahasa matematika baik secara lisan maupun tulisan dengan tepat, jelas, dan terorganisasi; |
PLO 8: | Memiliki tanggung jawab, kepercayaan diri, kematangan emosional, etika, dan kesadaran menjadi pembelajar sepanjang hayat; |
PLO 9: | Mampu mengaplikasikan pengetahuan matematis dalam karier yang terkait dengan bidang matematika atau untuk melanjutkan studi pada program pascasarjana. |