TUGAS AKHIR

Berdasarkan Kurikulum 2016 Prodi S1 Matematika UGM, Tugas Akhir dibagi menjadi dua bagian, yaitu Tugas Akhir I (TA I) (MMM-4097, 3 SKS) dan Tugas Akhir II (TA II)(MMM-4098, 6 SKS). Mahasiswa dapat menempuh Tugas Akhir I pada Semester VII atau Semester VIII apabila mahasiswa telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. IPK dari semua mata kuliah yang telah diambil lebih besar atau sama dengan 2,00.
  2. Telah menempuh minimal 120 SKS, dengan prosentase jumlah SKS dengan nilai D maksimal 25%.
  3. Telah/sedang menempuh mata kuliah penunjang topik Tugas Akhir.
  4. Mencantumkan Tugas Akhir di KRS dan mendaftarkannya ke Sekretariat Program Studi S1 Matematika Departemen Matematika FMIPA UGM, paling lambat seminggu setelah penyerahan KRS.

Pelaksanaan Tugas Akhir

Pada pelaksanaannya, tugas akhir dibimbing oleh seorang atau dua orang dosen. Tugas Akhir (TA) terdiri dari TA Studi Literatur (TA I) dan TA Skripsi (TA II) dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Tugas Akhir Studi Literatur (TA I) dapat dikerjakan oleh mahasiswa secara mandiri atau berkelompok.
  2. Pada saat menempuh Tugas Akhir Studi Literatur (TA I) para mahasiswa diwajibkan mengikuti kuliah tambahan (tanpa bobot SKS) tentang metode penulisan TA dari Program Studi S1 Matematika
  3. Tugas Akhir Skripsi (TA II) dikerjakan oleh mahasiwa secara mandiri.
  4. Topik TA Studi Literatur (TA I) dan TA Skripsi (TA II) harus sama. Jika topik TA Skripsi (TA II) diganti, maka mahasiswa wajib mengulang TA Studi Literatur (TA I) walaupun mahasiswa telah dinyatakan lulus TA Studi Literatur (TA I) dengan topik terdahulu.
  5. Pembimbing TA Studi Literatur (TA I) sekaligus menjadi Pembimbing TA Skripsi (TA II). Jika diperlukan, mahasiswa/Pembimbing TA Studi Literatur (TA I) boleh mengusulkan Pembimbing tambahan untuk TA Skripsi (TA II).
  6. Tugas Akhir Studi Literatur (TA I) dan TA Skripsi (TA II) dapat diambil dalam satu semester. Jika TA Studi Literatur (TA I) dan TA Skripsi (TA II) diambil pada semester yang berbeda, maka harus diambil dalam 2 (dua) semester berturut-turut. Apabila dalam 2 (dua) semester hasil yang diperoleh belum signifikan, Dosen Pembimbing TA dapat mengajukan keberatan untuk melanjutkan proses pembimbingannya dan sebaliknya mahasiswa juga dapat mengajukan dosen pembimbing pengganti. Apabila terjadi penggantian pembimbing, topik TA dari pembimbing baru, bukan topik dari pembimbing sebelumnya. Penggantian pembimbing hanya boleh dilakukan maksimal 1 kali.
  7. Mahasiswa harus menghadap dosen pembimbing TA paling lambat seminggu setelah pengumuman penunjukan dosen pembimbing. Jika lebih dari satu minggu mahasiswa tidak menghadap dosen pembimbing, dosen pembimbing dapat menolak menjadi pembimbing mahasiswa yang bersangkutan.
  8. Jika mahasiswa tidak aktif bimbingan saat mengambil TA Studi Literatur (TA I), maka pada evaluasi akhir semester pada saat mengisi form penilaian, dosen dapat mengajukan keberatan untuk melanjutkan proses pembimbingan.

Luaran dan KewajibanTugas Akhir

Di akhir semester TA Studi Literatur (TA I), mahasiswa wajib menuliskan Laporan dan menyerahkan ke pembimbing tugas akhir. Selanjutnya, bagi mahasiswa yang memulai TAI di Semester I 2018/2019, diwajibkan seminar TA I di depan pembimbing TA dan mahasiswa.    

Apabila mahasiswa telah menyelesaikan Tugas Akhir I maka mahasiswa dapat melanjutkan untuk mengambil Tugas Akhir II pada semester berikutnya. Walaupun demikian, Kurikulum 2016 Prodi S1 Matematika juga memberi peluang kepada mahasiswa untuk menempuh Tugas Akhir I dan Tugas Akhir II secara bersamaan dalam satu semester.

Manual Prosedur Tugas Akhir dapat diunduh melalui tautan di bawah ini. 

Download Files

Info Akademik

Seminar TA I dan Ujian Akhir TA II

Pojok Mahasiswa